Potretsumut.com – Bagi sebagian orang, terlihat imut serta menggemaskan hingga sanggup menjadi sahabat. Tapi bagi yang mana lainnya, anjing dapat terlihat menakutkan. Seperti yang digunakan dialami Cha Eun Wo dalam drama Goo Day to be a Dog.

Drama drama itu, Cha Eun Woo berperan sebagai Jin Seo Won, yang berprofesi sebagai guru matematika di dalam sebuah sekolah. Dia mempunyai fobia terhadap anjing. Namun suatu saat, teman seprofesinya, Han Hae Na, yang digunakan diperankan Park Gyu Young tak sengaja mencium Jin Seo Won.

Han Hae Na pun berubah menjadi anjing, oleh sebab itu miliki kutukan turun temurun. Sedangkan untuk menghilangkan kutukan itu, dia harus mencium Jin Seo Won, tapi saat berwujud anjing. Masalahnya, Han Hae Na sudah mencoba beragam cara untuk mencium Jin Seo Won kembali. Namun belum juga berhasil dikarenakan Jin Seo Won takut dengan anjing.

Fobia terhadap anjing

Fobia adalah ketakutan yang terus-menerus, berlebihan, lalu tak realistis terhadap suatu objek, orang, hewan, aktivitas, atau situasi. Fobia ini termasuk jenis gangguan kecemasan. Seseorang dengan fobia mencoba menghindari hal yang tersebut memicu rasa takutnya, atau menanggungnya dengan sangat cemas kemudian tertekan.

Kondisi fobia terhadap anjing disebut cynophobia yang tersebut berasal dari bahasa Yunani; cyno yang digunakan berarti anjing serta phobia yang digunakan berarti ketakutan. Dalam A Good Day to be a Dog, karakter yang dimaksud diperankan Cha Eun Woo itu, selalu menghindar dari anjing, bahkan pet shop yang digunakan berada dekat sekolah.

Selain itu,  dia juga menunjukkan gejala fobia ketika berhadapan dengan anjing.  Seperti berkeringat, gemetaran, ketakutan, lalu merasa tidaklah berdaya. Beda dengan orang takut biasa, mereka itu yang tersebut fobia miliki perasaan tak rasional atau tak sebanding dengan ancaman nyata.

Ada beberapa hal yang memicu fobia, salah satunya adalah oleh sebab itu pengalaman atau trauma. Dalam kasus Jin Seo Won, dia pernah mengalami perundungan dan juga diancam menggunakan anjing. Perundungan yang mana terjadi ketika berusia sepuluhan tahun itu membekas hingga dewasa dan juga menyebabkan fobia. Jika melihat anjing dia selalu membayangkan kalau anjing itu akan menyerang juga menggigitnya.

Cara Mengatasi Cynophobia

Dalam drama A Good Day to be a Dog, Han Hae Na bertekad menyembuhkan fobia anjing yang tersebut dialami Jin Seo Won demi menghilangkan kutukanya. Tentu hanya ini tak mudah, perlu waktu juga kesabaran.

Hal pertama dijalankan Hae-na adalah mengatakan kalau ia tahu fobia itu kemudian akan merahasiakannya. Ia juga bilang akan membantu untuk mengatasi fobia itu. Ia lalu memberi gantungan kunci berbentuk anjing untuk menciptakan Jin Seo Won terbiasa dengan kehadiran anjing.

Tindakan Han Hae Na ini termasuk dalam terapi paparan, salah satu metode yang dimaksud digunakan untuk mengatasi fobia. Secara sederhana, orang yang dimaksud menjalani terapi paparan berlatih berinteraksi dengan objek yang tersebut dia takuti.

Paparan ini kemudian ditingkatkan secara bertahap. Dari gantungan kunci berbentuk anjing, Jin Seo Won diajak melihat kemudian menatap anjing pada balik jendela pet shop. Selama beberapa detik sekadar dulu. Ia kemudian diajak ke taman lalu melihat anjing yang digunakan sedang jalan-jalan dari kejauhan. Hal ini bertujuan menimbulkan dia latihan berada di dalam sekitar anjing di dalam lingkungan yang tersebut aman dan juga terkendali.

Dalam kehidupan nyata, dia yang dimaksud fobia kemungkinan perlu bantuan ahli yang tersebut mungkin akan melakukan terapi perilaku kognitif atau memberikan terapi obat-obatan jika diperlukan.

Sumber: Tempo.co