Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan

Jelang SNBT 2024: Simulasi Tes Terbaik untuk Maksimalkan Peluang Masuk PTN!

badge-check


					Jelang SNBT 2024: Simulasi Tes Terbaik untuk Maksimalkan Peluang Masuk PTN! Perbesar

Potretsumut.com – SNBT 2024 semakin dekat, dan inilah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuanmu. Simulasi tes online adalah kunci rahasia untuk sukses di seleksi masuk PTN!

Simulasi tes SNBT 2024 dapat digunakan oleh siswa untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). SNBT merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan tes tulis.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) diselenggarakan secara luring dengan berbasis komputer. SNBT akan dilakukan dalam dua gelombang mulai 30 April hingga 20 Mei 2024. SNBT gelombang 1 dilaksanakan pada 30 April 2024 dan 2–7 Mei 2024, sedangkan SNBT gelombang 2 dilaksanakan pada 14–20 Mei 2024. Agar lolos seleksi, siswa perlu banyak berlatih soal dan melakukan pendalaman materi.

Selain itu, siswa juga bisa mengikuti simulasi tes SNBT 2024 yang disediakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemdikbud agar terbiasa dengan sistem tes yang akan dihadapi.

SNBT yang dahulu bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan tes tertulis yang menguji kemampuan calon mahasiswa secara akademis. Dikutip dari laman resmi SNPMB, materi tes SNBT terdiri dari tiga materi yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan peserta di perguruan tinggi. Soal-soal yang diujikan dalam TPS mencakup Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Materi literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bertujuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara penalaran matematika dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir calon mahasiswa dalam menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika guna menyelesaikan masalah sehari-hari.

Jumlah soal SNBT 2024 berjumlah 145 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 195 menit. Adapun model soal yang disajikan pada SNBT terdiri dari pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban, serta soal isian.

Cara Ikut Simulasi Tes SNBT 2024

Simulasi tes SNBT 2024 bisa diikuti oleh setiap siswa maupun alumni secara gratis. Soal uji coba dapat diakses melalui laman Tes BPPP Kemdikbud.

Berikut ini tata cara ikut simulasi tes SNBT 2024 yang diselenggarakan BPPP Kemdikbudristek.

  1. Buka laman Tes Simulasi SNPMB melalui https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/.
  2. Masukkan nama lengkap dan asal sekolah, kemudian klik “Lanjutkan”.
  3. Pilih Subtes lalu klik “Ok, Lanjutkan”. Contoh soal tes SNBT akan muncul di halaman berikutnya.
  4. Kerjakan soal, lalu klik “Soal Berikutnya” di bagian bawah untuk melanjutkan. Total ada sekitar 10 soal untuk setiap pilihan subtes.
  5. Setelah mengisi semua soal, calon mahasiswa akan melihat hasil di bagian akhir tes. Hasil tes akan ditampilkan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan.
  6. Jika ingin mengulang simulasi, klik “Pilih Subtes” pada bagian bawah layar.
Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Resmi dibuka Hari ini, Ini Jadwal dan link Pendaftaran LPDP Tahap 2: Jangan Sampai Ketinggalan!

19 Juni 2024 - 04:33 WIB

Pendaftaran LPDP Tahap 2

Peluang Emas: Beasiswa UII untuk Atlet dan Juara Seni, Ini link Pendaftarannya

19 Juni 2024 - 04:18 WIB

UII

Daftar Sekarang Juga! Beasiswa BCA Finance Peduli 2024 untuk Mahasiswa Semester 5-8, Ini link Pendaftaranny

13 Juni 2024 - 03:19 WIB

Beasiswa BCA Finance Peduli 2024

Cara Mudah Mendaftar PPDB Sumut 2024 Jalur Prestasi untuk SMA/SMK

15 Mei 2024 - 04:45 WIB

jalur prestasi nilai rapor

Waktu Tidak Menunggu: Catat Jadwal Sekolah Kedinasan 2024 Sekarang!

14 Mei 2024 - 04:33 WIB

Sekolah Kedinasan 2024
Trending di Pendidikan